News Update :

Peduli Lingkungan


Pada tanggal 22 april 2009,Sekelompok pemuda Punk dan mahasiswa melakukan aksi damai di depan apotik lovi blitar.
aksi damai tersebut bertujuan untuk sosialisasi tentang efek pemanasan global,
Dimana tahun 2009 menjadi tahun yang penting bagi bangsa Indonesia yang rentan terhadap perubahan iklim karena sepanjang tahun ini diadakan serangkaian perundingan internasional untuk menetapkan kesepakatan baru mengenai penanggulangan perubahan iklim. Perundingan diawali dengan negosiasi yang berlangsung di Bonn, Jerman pada 29 Maret – 8 April lalu dan diakhiri pada bulan Desember nanti di Kopenhagen, Denmark.

Oleh karena itu, perundingan internasional tentang perubahan iklim menjadi sangat krusial dan memerlukan hal-hal sebagai berikut:


1. Pentingnya negara-negara maju untuk memperlihatkan kemauan dan kepemimpinan politis mereka dalam memenuhi kewajiban mereka sesuai Protokol Kyoto dan Bali Action Plan, termasuk dengan menetapkan target penurunan emisi GRK yang ambisius serta memberikan dukungan pendanaan dan teknologi untuk aktivitas mitigasi dan adaptasi negara-negara berkembang.

2. Negara berkembang perlu melakukan aksi-aksi sukarela untuk menurunkan emisi GRK di dalam negeri dengan tetap menitikberatkan kegiatannya pada pengentasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, negara maju wajib memberikan dukungan teknologi dan pendanaan kepada negara berkembang.

3. Dibutuhkan keseriusan dan kerja keras seluruh pihak yang berperan dalam perundingan perubahan iklim karena seluruh negosiasi pada tahun 2009 ini harus menghasilkan kesepakatan internasional di Kopenhagen pada bulan Desember 2009 yang benar-benar bermanfaat bagi semua pihak, terutama kaum miskin yang terkena dampak perubahan iklim.

4. Pelangi Indonesia menekankan pentingnya seluruh pemangku kepentingan di Indonesia, terutama pembuat kebijakan, untuk terlibat dalam pengurangan laju dan dampak perubahan iklim. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk mendorong pemerintah agar berperan serta aktif di dalam proses-proses internasional dan membuat serta mengimplementasikan kebijakan tentang kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
 

© Copyright Bumiku Satu 2010 -2011 | Design by Rudianto | Published by Rude Templates | Powered by Blogger.com.